Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo

Authors

  • Andi Bau Salman Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng
  • Agus Purwanto Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng
  • Indra Heri Rukmana Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng
  • Air Rangga Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng

Keywords:

kualitas pelayanan dan fasilitas, kepuasan pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Sengkang Kabupaten Wajo. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Lamaddukeleng Sengkang Kabupaten Wajo. Jumlah sampel sebanyak 71. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi, uji T dan uji F. Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan sebesar 0,470 dan fasilitas sebesar 0,414 di mana nilai signifikansi kedua variabel tersebut sebesar 0,000 yang artinya kualitas pelayanan dan fasilitasmemiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien dikarenakan nilai koefisien regresi melebihi nilai signifikansi. Hasil analisis korelasi ganda, menunjukkan angka 0,799 yang artinya X1 dan X2 memiliki hubungan yang positif kuat dengan Y. Hasil analisis koefisien determinasi yaitu 0,639 yang artinya kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan pasien sebesar 63,9%. Hasil analisis uji T diperoleh nilai t_hitung untuk variabel kualitas pelayanan sebesar 5,101 dan variabel fasilitas sebesar 5,764 > t_tabel sebesar 1,995 dan signifikansi kedua variabel sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan dan fasilitas masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil analisis uji F diperoleh nilai F_hitung  60,233 > F_tabel 3,13 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan mempengaruhi kepuasan pasien dengan positif dan signifikan.

References

Akbar. (2020). Analisis perbandingan kualitas pelayanan jasa pengiriman paket di PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan PT Global Jet Express Kota Sengkang. JEMA: Journal Of Economic, Management and Accounting Adpertisi, 1(2), 18-28.

Andi Bau Salman, Muzakkir, & Naida. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada RSUD Lamaddukelleng Sengkang. Precise Journal of Economic, 2(1), 37–43. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/58.

Faiturohmi, Rika. Pramudyo, Anung. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Tempel I Sleman. Prima Ekonomika, 11(2), 81-99.

Faradillah, Alda. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, dan Disiplin Kerja Sebagai Faktor Peningkatan Kinerja Pegawai Purp dan Pertanahan Kabupaten Wajo. Skripsi. Sengkang: Institut Lamaddukelleng.

Rukmana, I. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Larut Coffe. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 402–410. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.2730.

Rukmana, I. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pdam Kabupaten Wajo. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 1266-1272.

Sri Utari, P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi (Studi Kasus Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Setukpa Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(2), 60-77.

Kartika Aji, W. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien Klinik As Syifa di Kab. Bekasi. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sherina, Nuringwahyu, S. Krisdianto, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan RSIA Amanah Probolinggo). JIAGABI, 11(2), 27-38.

Sitinjak, Evralita. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada UPT Puskesmas Sungai Langkai. Skripsi. Batam: Universitas Putera.

Yuniarti, A., & Hartono, K. (2022). Analisis Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan pada Baitul Maal Wat Tamwil As’ adiyah Sengkang. Precise Journal of Economic, 1(2), 87-96.

Yuniarti, A. (2022). Pengaruh Suku Bunga Kredit Terhadap Daya Tarik Konsumen PT MACF Cabang Sengkang. Precise Journal of Economic, 1(1), 20-30.

Yuniarti, A., Mas' ud, M., Imaduddin, I., & Umar, N. A. (2022). The Impact of Culture, Procedure and Process of Quality Through Quality Control Towards Product Quality. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 106-118.

Yuniarti, A., & Nurwana, A. (2020). Pengaruh Jumlah Konsumen dan Jumlah Meter Kain Terhadap Tingkat Penjualan Hasil Produksi Kain Sutra Di Toko Sutera Indah. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 4(2), 79-88.

Yuniarti, A. (2023). Kebijaksanaan Manajemen Produksi dan Operasi Bagi Perusahaan Jasa. Precise Journal of Economic, 2(2), 67-72.

Yuniarti, A., & Faisal, F. (2022). Analisis Rasio Profitabilitas Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Baitul Maal Wat Tamwil As’adiyah Sengkang. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 6(2), 56-66.

Yuniarti, A., Prayudhi, P., Faisal, F., Nur, A. W., & Aldi, A. (2024). Transformasi Tenun Sutera Melalui Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dalam Era Digital. Journal of Human And Education (JAHE), 4(2), 160-166.

Published

15-04-2024

How to Cite

Andi Bau Salman, Agus Purwanto, Indra Heri Rukmana, & Air Rangga. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada RSUD Lamaddukelleng Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 3(1), 45–56. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/99