Analisis Strategi Pemasaran Dalam Mempengaruhi Volume Produksi Sarang Burung Walet Pada Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo

Authors

  • Siardin Andi Djemma
  • Andi Yuniarti Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng
  • Muhammad Adrian Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng

Keywords:

strategi pemasaran, volume produksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap volume produksi sarang burung walet pada Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo secara simultan. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan atau konsumen yang melakukan pembelian sarang burung walet di Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 orang berdasarkan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan memberikan pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden yang melakukan pembelian sarang burung walet di Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo agar kiranya dijawab. Analisis data yang digunakan ada 4 (empat) yaitu analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi (r), koefisien determinasi (r²) dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil regresi linear sederhana menunjukkan persamaan pada garis regresi Y = 9,69 + 0,73X, artinya jika strategi pemasaran (X) nilainya 0,73 maka volume produksi  (Y) nilainya sebesar 9,69. (2) Hasil uji koefisien korelasi (r) menghasilkan nilai sebesar 0,77. (3) Hasil uji koefisien determinasi (r²) menghasilkan nilai sebesar 59 atau 59%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran (X) berpengaruh sebesar 59% terhadap volume produksi (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (4) Hasil uji t_hitung dan t_tabel diketahui bahwa t_hitung menunjukkan angka 3,1 dan nilai t_tabel menunjukkan angka 1,677. Sehingga t_hitung > t_tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran (X) berpengaruh signifikan terhadap volume produksi  (Y).

References

Agus Purwanto. (2023). Strategi Pemasaran Produk Indihome Pada PT Telkom (Persero) Tbk Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 2(2), 17–26. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/81.

Andi Prayudhi, Faisal, & Irma Ervina. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan di Toko Ugi Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 2(1), 18–28. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/56.

Bahri, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil PT. Clipan Finance Indonesia TBK Cabang Makasar II Kab Gowo. SKRIPSI, Universitas Muhammadiyah Makasar.

Djemma, S. A., Muktamar, A., & Faradila, A. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja dan Disiplin Kerja Sebagai Faktor Peningkatan Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Pertanahan Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 1(2), 52-66.

Effendy, Aidil Amin. (2019). Analisis bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) 1(1), 66-82.

Jennifer, J., & Laulita, N. B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Instan dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 13(2), 184-199.

Kumalasari, N. R. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk di Toko Ismart dan Indomaret Ponorogo. Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo.

Maryam, S., & Wirum, N. N. (2022). Analisis Laporan Keuangan Terhadap Peningkatan Laba Pada UMKM Handalizah Tomodi Kelurahan Pattirosompe. Precise Journal of Economic, 1(2), 65-74.

Muzakkir, Akbar, & Besse Adhemenna Putri. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Terhadap Pemasaran Produk Melalui Media Sosial di Kelurahan Baru Tancung Kabupaten Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 10–15. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/62.

Nurkariani, L., & Arsih, L. (2016). Komparatif Counter Sales Dan Sales Force Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UFI Perusahaan PT. FIF Group Cabang Singaraja. Artha Satya Dharma, 9(1), 13-24.

Nurwana, A., Purwanto, A., & Saputra, D. (2022). Analisis Perencanaan Pengelolaan Keuangan Dalam Proyek Pembuatan Rabat Beton Di Kelurahan Mappadaelo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 1(2), 1-17.

Pramida, T. P. (2022). Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM):Study Kasus pada Perumda Air Minum Way Rilau Kota Bandar Lampung.

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 291-298.

Purwanto, A. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi UMKM Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo Pada Program Kampung Zakat Baznas. Compile Journal of Society Service, 1(1), 22-26.

Purwanto, A. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan UMKM Berbasis Bisnis Digital Di Mario, Tanasitolo, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 16-21.

Putri Anggraini, L. (2020). Pengaruh Brand Trust, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Minum Le Minerale. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Putri, B. A. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Terhadap Pemasaran Produk Melalui Media Sosial di Kelurahan Baru Tancung Kabupaten Wajo. Compile Journal of Society Service,1(1), 10-15.

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142-153.

Rendelangi, A. B., Sahyunu, S., & Manan, L. A. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Alvian Resa Prianto Desa Ambaipua Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan. Sultra Journal of Economic and Business, 4(1), 60-71.

Rangkuti,F. (1997). Tehnik Membedah Kasus Bisnis (Analisis Swot) cara perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Salman, A. B., Jamaluddin, A., & Bakti, A. (2022). Pengaruh Distribusi Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan di Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Danau Tempe Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 1(2), 31-50.

Siregar, T. S. (2016). Pengaruh sistem informasi akuntansi penjualan terhadap efektivitas pengendalian piutang pada pt. Electric wire indonesia (Ewindo). Doctoral dissertation, Universitas Widyatama.

Sulistyaningsih, W., Ariefiantoro, T., & Suryawardana, E. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Shofa Catering). Solusi, 18(4).

Sumangelipu, A., Maryam, S., Salman, A. B., Rustam, R., & Agusta, A. (2023). Sosialisasi Kewirausahaan Dalam Upaya Peningkatan UMKM Pada Era Digitalisasi di Paria, Majauleng, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 1-9.

Sumangelipu, A. (2022). Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas dan Profitabilitas Terhadap Kinerja Keuangan KPRI Lagaligo di Kecamatan Sabbangparu. Precise Journal of Economic, 1(2), 75-83.

Sumangelipu, A., Purwanto, A., & Bahmiranda, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Pemanfaatan Daun Kelor Menjadi Kripik Daun Kelor di Desa Wecudai. Compile Journal of Society Service, 1(1), 27-32.

Walla, Y. N., Gunawan, C. I., & Sumarno, S. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Peternakan Desa Kambingan, Kacamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 381-391.

Yuniarti, A., & Nurwana, A. (2020). Pengaruh Jumlah Konsumen dan Jumlah Meter Kain Terhadap Tingkat Penjualan Hasil Produksi Kain Sutra di Toko Sutera Indah. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 4(2), 79-88.

Yuniarti, A., & Jamaluddin, A. (2019). Analisis Pengaruh Pengembangan Persuteraan Alam Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Desa Benteng Lompoe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(2), 133-144.

Yuniarti, A., Mas' ud, M., Imaduddin, I., & Umar, N. A. (2022). The Impact of Culture, Procedure and Process of Quality Through Quality Control Towards Product Quality. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 106-118.

Yuniarti, A. (2022). Pengaruh Suku Bunga Kredit Terhadap Daya Tarik Konsumen PT MACF Cabang Sengkang. Precise Journal of Economic, 1(1), 20-30.

Yuniarti, A. (2023). Kebijaksanaan Manajemen Produksi dan Operasi Bagi Perusahaan Jasa. Precise Journal of Economic, 2(2), 67-72.

Yuniarti, A., Nurwana, A., & Jamaluddin, A. (2023). Penyuluhan Agrobisnis Pengolahan Frozen Food Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Pendapatan Masyarakat Dualimpoe, Maniangpajo, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 40-45.

Yuniarti, A., Prayudhi, P., Faisal, F., Nur, A. W., & Aldi, A. (2024). Transformasi Tenun Sutera Melalui Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dalam Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 160-166.

Published

15-04-2024

How to Cite

Siardin Andi Djemma, Andi Yuniarti, & Muhammad Adrian. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Mempengaruhi Volume Produksi Sarang Burung Walet Pada Walet 72 Sengkang Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 3(1), 30–44. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/98