Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Fear Of Missing Out (Fomo) di Kalangan Siswa Sma Negeri 1 Wajo
Keywords:
media tiktok, fear of missing out, sosial comparison theory, uses and gratifications theoryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media sosial Tiktok terhadap perilaku fear of missing out dikalangan siswa SMA Negeri 1 Wajo (2) seberapa besar pengaruh media sosial Tiktok terhadap perilaku fear of missing out di kalangan siswa SMA Negeri 1 Wajo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengana menggunakan analisis regresi linear sederhana. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 92 responden pada SMA Negeri 1 Wajo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications, dan teori sosial comparison. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial tiktok terhadap fear of missing out di kalangan siswa SMA Negeri 1 Wajo. Adapun besar pengaruh medisa sosial tiktok terhadap fear of missing out adalah sebesar 65,1/%. Kedua hasil tesebut sejalan dengan kedua teori yang digunakan bahwa penggunaan media sosial tiktok memiliki dampak yang signifikan terhadap fear of missing out.
References
Agus Purwanto. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan UMKM Berbasis Bisnis Digital di Mario, Tanasitolo, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 16–21. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/63.
Agus Purwanto. (2023). Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Beras Di Kabupaten Wajo. Jurnal Mirai Management, 5(3), 1–12. Retrieved from https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/2355.
Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fakultas Ilmu Pendidik. Universitas Negeri Padang, 1–15.
Hidayah, A., & Nastiti, D. (2023). The Relationship of Fear of Missing Out (FoMO) with Social Media TikTok Addiction in Adolescents: Hubungan Fear of Missing Out (FoMO) dengan Adiksi Media Sosial TikTok pada Remaja.
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial, Youtube, Instagram dan Whatsapp di tengah Pandemi Covid-19 di Kalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 41–57.
Nasrullah, R. (2016). Teori dan riset media siber (cybermedia). Jakarta: Kencana.
Priyono, P. E. (2022). Komunikasi dan komunikasi digital. Bogor: Guepedia.
Sinambela, L. P. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Graha ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, hal. 177.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Precise Journal of Economic

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.