Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan UMKM Berbasis Bisnis Digital Di Mario, Tanasitolo, Kab. Wajo

Authors

  • Agus Purwanto Institut Ilmu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng

Keywords:

sosialisasi, ekonomi kreatif, umkm, digitalisasi umkm

Abstract

Sosialisasi ekonomi ekonomi kreatif  dan pengembangan UMKM merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di desa Mario Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Upaya sistem digitalisasi atau digital marketing merupakan salah satu sistem promosi untuk memanfaatkan jejaring sosial. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM tentang digital marketing. Metode kegiatan ini adalah menggunakan slide powerpoint, diskusi dan tanya jawab antara pemateri dan peserta kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya pemahaman peserta kegiatan tentang digital marketing.

References

Akbar, A., & Irfani, I. (2022). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing terhadap Penjualan Produk UMKM di Kabupaten Wajo. Jurnal Mirai Management, 7(2), 226-232.

Andi Bau Salman, Muzakkir, & Naida. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada RSUD Lamaddukelleng Sengkang. Precise Journal of Economic, 2(1), 37–43.

Andi Djemma, Siardin. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi. Sengkang: STIE Lamaddukelleng Sengkang.

Andi Djemma, S., Muktamar, A., & Alda Faradila. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja dan Disiplin Kerja Sebagai Faktor Peningkatan Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Pertanahan Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 1(2), 51–64. Diambil dari https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/19.

Arisetyawan, dkk. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa. International Journal of Community Service Learning Volume 7, pp. 239-247.

As’ad Sonief, A., Nuraini, Y., & Arief Setyabudi, S. (2019). Digitalisasi Industri Kecil dan Produk Pertanian Daerah Upaya Untuk Pemberdayaan Masyarakat di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Journal of Innovation and Applied Technology,5(1),842–847.

Djemma, S. A., & Bakti, A. (2023). Pengaruh Modal Sendiri Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Pratama (KSP-MP) Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 2(1), 1-7.

Djemma, Siardin A., Andi Sumangelipu. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sengkang: Aquila.

Fadhillah, P., & Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 291-298.

Purwanto, Agus. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Mega Auto Central Finance (MACF) Cabang Sengkang. Precise Journal of Economic, 1(1), 8-19.

Purwanto, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk PT. Semen Tonasa Di Kabupaten Wajo. Jurnal Mirai Management, 6(1), 1-13.

Prabowo, H. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menuju Koperasi Berbasis It. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, https://doi.org/https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php /maqdis/article/ view/15.

Rahmi, dkk. (2022). Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Melalui Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah. Jurnal Pengabdian Administrasi Publik

Setiyawan. (2013). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Pelaku UMKM Terhadap Digitalisasi dalam Bidang Pemasaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sari, R. P., & Santoso, D. T. (2019). Pengembangan Model Kesiapan UMKM di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri, 3(1), 37–42.

Wisswani, N. W. (2017). Prototype Teknologi Rantai Informasi Berbasis Web Bagi UMKM. 42–46.

Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM tentang Pentingnya Adaptasi Digital dan Legalitas Usaha di Limpomajang Kec. Majauleng Kab. Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 299-306.

Yuniarti, A., Nurwana, A., & Jamaluddin, A. (2022). PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN BAKTI SOSIAL DI DESA PASAKA KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO. Arunika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 29-34.

Published

09-09-2023

How to Cite

Agus Purwanto. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan UMKM Berbasis Bisnis Digital Di Mario, Tanasitolo, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 16–21. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/63