Optimalisasi dan Pemanfaatan Website Desa dalam Akselerasi Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Potensi Desa Mario
Kata Kunci:
sosialisasi, website desa, peningkatan ekonomi, potensi desaAbstrak
Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, sekitar 70% desa di Indonesia masih memiliki keterbatasan dalam akses informasi yang memadai. Dengan adanya website, informasi mengenai peluang usaha, produk unggulan, dan layanan publik dapat diakses dengan lebih mudah oleh masyarakat. Desa Mario, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo telah memiliki website sendiri melalui dukungan pemerintah, akan tetapi akses dan pemanfaatan website desa oleh masyarakat dalam peningkatan ekonomi terhitung belum optimal. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan agar meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingya optimalisasi dan pemanfaatan website desa dalam akselerasi peningkatan ekonomi dan potensi desa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan metode penyuluhan kepada warga setempat dan pengelola website desa. Sosialisasi ini memberikan peningkatan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pemanfaatan website desa dalam peningkatan ekonomi mereka serta memberikan peningkatan wawasan pengelolaan website desa bagi pengelola website.
Referensi
Agus Purwanto. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Pengembangan UMKM Berbasis Bisnis Digital di Mario, Tanasitolo, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 16–21. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/63.
Agus Purwanto, Andi Sumangelipu, Suharjum, & Andi Besse Nurul Adha. (2024). Technology-Based MSME Marketing in Sompe Village, Sabbangparu District, Wajo Regency. Compile Journal of Society Service, 2(1), 78–83. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/114.
Andi Sumangelipu, Sitti Maryam, Andi Bau Salman, Rahmi Rustam, & Agustiani Agusta. (2023). Sosialisasi Kewirausahaan Dalam Upaya Peningkatan UMKM Pada Era Digitalisasi di Paria, Majauleng, Kab. Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 1–9. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/61.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2021). Survei Pengguna Internet. Jakarta: APJII.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). Statistik Desa. Jakarta: BPS
Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Desa. Jakarta: BPS
Center for Digital Society. (2021). Analisis Kebutuhan Masyarakat Desa. Jakarta: CDS.
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2019). Laporan Penelitian Peningkatan Ekonomi Desa. Jakarta: Kementerian DPDTT.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2022). Laporan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: Kemenkop UKM.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). (2022). Laporan Infrastruktur Digital. Jakarta: Kemenkominfo.
Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia. (2020). Pengaruh Website Desa terhadap Investasi. Jakarta: LPEM.
Muzakkir, Akbar, & Besse Adhemenna Putri. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Terhadap Pemasaran Produk Melalui Media Sosial di Kelurahan Baru Tancung Kabupaten Wajo. Compile Journal of Society Service, 1(1), 10–15. Retrieved from https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/compile/article/view/62.
Rohman, M., Fadilah Fadilah, M. I., Rudita, D. D., Malik, A., & Iskandar, M. (2023). Meningkatkan Potensi Desa melalui pemanfaatan Website Desa Sebagai Wujud Ekonomi Kreatif Desa Genengan Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa, 4(3), 208–216. https://doi.org/10.58401/jpmd.v4i3.1058
Simbolon, I., Dharma, A. S., Sihombing, T. H., Aruan, N. M., Sembiring, A. D. S., Sirait, E. H., Simbolon, W. D. A., & Lestari, E. A. (n.d.). Socialization of Village Website Management in Pardinggaran Village. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i2.16509.
Susano, A., & Rachmawati, M. (2024). The Role of Village Websites in Increasing Community Participation: A Case Study of Batur Village, Semarang Regency. Return, 3(12), 972–979. https://doi.org/10.57096/return.v3i12.297.
Universitas Diponegoro. (2020). Pengelolaan Konten Website Desa. Semarang: Undip
Universitas Gadjah Mada (UGM). (2023). Penelitian tentang Digitalisasi di Desa. Yogyakarta: UGM.
Universitas Gadjah Mada. (2020). Optimalisasi Website Desa untuk Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta: UGM
We Are Social. (2022). Laporan Pengguna Media Sosial di Indonesia.
Wijonarko, P., Cahya, R. D., Purnomo, B. A., Iswanto, W., Burhanudin, B., & Akbar, R. (2024). Pengenalan Website sebagai Media Informasi dan Promosi Desa. Deleted Journal, 2(4), 198–208. https://doi.org/10.61132/mengabdi.v2i4.865.
World Bank. (2021). Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam Program Pembangunan.
Yuliana, Y., Thomas, S., & Priadana, A. (2022). Pengembangan Website Untuk Pengelolaan Bumdes Desa Cipta Karya, Bengkayang. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1200.


