Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Mega Auto Central Finance (MACF) Cabang Sengkang
Keywords:
kepuasan nasabah, macf, sengkang, kualitas pelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. Mega Auto Central Finance (MACF). Penelitian yang dilakukan pada MACF ini menggunakan metode analisis kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu sebanyak 89 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) terhadap kepuasan nasabah pada MACF, dapat disimpulkan bahwa 1) Berdasarkan analisis regresi sederhana, jika variabel layanan sama dengan nol, maka nilai kepuasan nasabah sebesar 4.85. Bila kualitas layanan berubah menjadi 1 maka variabel kepuasan nasabah akan bertambah sebesar 40%. Artinya kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. 2) Berdasarkan analisis koefisien determinasi, nilai r2 adalah 0.2209, hal ini menunjukkan bahwa 22.09% kepuasan nasabah ditentukan oleh variabel kualitas layanan. 3) Berdasarkan analisis regresi sederhana, hasil yang ditunjukkan adalah b > 0. Yaitu sebesar 0.40. Sedangkan untuk uji koefisien regresi secara partial atau uji T, hasil menunjukkan bahwa secara terpisah kategori pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah melalui T hitung > T tabel, yaitu T hitung = 6,0838 dan T tabel = 1.663. Baik secara bersama maupun partial (terpisah), berarti Ha diterima, dengan arti ada pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada MACF.
References
Andi Djemma, Siardin. Pedoman Penulisan Skripsi. Sengkang: Lampena Intimedia.
Armstrong dan Kotler. (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Fandy, Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fuad, M, dkk. (2000). Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2003). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. (2004). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Salemba Empat.
Naida. (2015). Metode Penelitian. Sengkang: STIE Lamaddukelleng.
Ratminto, Atik Septi Winarsih. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Provitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim STIE Lamaddukelleng. (2015). Petunjuk Penulisan dan Skripsi. Sengkang: STIE Lamaddukelleng
Umar, Husein. (2003). Metode Riset Konsumen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Precise Journal of Economic

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.