Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Watallipue Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo
Keywords:
kinerja pegawai, kualitas pelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Watallipue Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Watallipue. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang sederhana dan mudah dihitung. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil regresi linier sederhana menunjukkan persamaan pada garis regresi Y = 4,02 + 0,89X, artinya jika kinerja pegawai (X) nilainya 0,89 maka kualitas pelayanan (Y) nilainya sebesar 4,02. (2) Hasil uji koefisien korelasi (r) menghasilkan nilai sebesar 0,82 interpretasinya sangat kuat (3) hasil koefisien determinasi (r²) menghasilkan nilai sebesar 0,67 atau 67%. Ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai (X) berpengaruh sebesar 67% terhadap kualitas pelayanan (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. (4) Hasil uji t_hitung dan t_tabel maka dapat diketahui bahwa t_hitung menunjukkan angka 10,7584 dan nilai t_tabel menunjukkan angka 1,67252. Sehingga t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ini membuktikan bahwa kinerja pegawai (X) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan (Y).
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep dan Indikator. Riau: Zanafa Publishing.
Afandi, N.M. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik.Bandung: Alfabeta.
Agustina, T., Ahmad Muktamar, B., Huda, M., Maseleno, A., & Hashim, A. (1991). Management Effect Of Business And Personal Relationship For Managing A Business. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(11), 2020.
Ahmad Zikri. Muhammad Ikhsan Harahap. 2022. Analisis Layanan Pengirim Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Regional Sumatera. Jurnal Ilmu Computer,Ekonomi Dan Manajemen (Jikem). 2(1), 923-926.
Djemma, S .A. Siardin & Andi Sumangelipu. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sengkang: CV Aquila.
Dewi Permatasari, Nurmalasyiah., Muhammad Noor. (2018). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan pada Kantor Desa Podok Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. 1(1).
Djemma, S. A., Muktamar, A., & Faradila, A. (2022). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja dan Disiplin Kerja Sebagai Faktor Peningkatan Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Dan Pertanahan Kabupaten Wajo. Precise Journal of Economic, 1(2), 52-66.
Djemma, S. A., Bakti, A., Muktamar, A., & Hakidah, H. (2023). Pengaruh Keragaman Produk dan Layanan Toko Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Toko Alizah Mart Sengkang. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 165-181.
Ester Silvyana Siburian, Ronny Gosal., Donald K. Monintja. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sinaksak Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Jurnal Governance, 1(2).
Fitriani. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Puskesmas Lempa Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Skripsi. Sengkang: Institutilmu Hukum Dan Ekonomi Lamaddukelleng.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Nur Islamiyah Abubakar, Andi. (2020). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. Skripsi. Makassar: Unuversitas Muhammadiyah Makassar.
Robbi. (2020). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pulik Dikantor Bpjs Kesehatan Cabang Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Seruni Retna Yulistiwa Putri Debby.Ikeu Kania. (2018). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Tiket Kereta Api di Stasiun Bandung. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Public. 9(1), 21-28.
Usman, S., Lasiatun, K. M. T., Kesek, M. N., Riatmaja, D. S., & Papia, J. N. T. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Studi Literatur Manajemen Sumber Daya). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10462-10468.
Yuniarti, A., & Muhtamar, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Telekomunikasi Sengkang. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 375-384.
Yuniarti, A., & Hartono, K. (2022). Analisis Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan pada Baitul Maal Wat Tamwil As’ adiyah Sengkang. Precise Journal of Economic, 1(2), 84-93.
Yuniarti, A., & Jamaluddin, A. (2019). Analisis Pengaruh Pengembangan Persuteraan Alam Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Desa Benteng Lompoe Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(2), 133-144.
Yuniarti, A. (2023). Kebijaksanaan Manajemen Produksi dan Operasi Bagi Perusahaan Jasa. Precise Journal of Economic, 2(2), 67-72.
Yuniarti, A., Prayudhi, P., Faisal, F., Nur, A. W., & Aldi, A. (2024). Transformasi Tenun Sutera Melalui Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dalam Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(2), 160-166.
Yuniarti, A., Mas' ud, M., Imaduddin, I., & Umar, N. A. (2022). The Impact of Culture, Procedure and Process of Quality Through Quality Control Towards Product Quality. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 106-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Precise Journal of Economic

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.